Jumat, 03 Februari 2017

ARTI DI BALIK NOMOR SERIAL PADA KARTU KREDIT

ARTI DI BALIK NOMOR SERIAL PADA KARTU KREDIT

Kartu-kartu plastik yang dipakai untuk transaksi keuangan di masa modern ini, terdapat banyak jenis, yakni kartu credit, kartu debet, serta kartu ATM. Buat anda yang sudah familiar dengan transaksi lewat kartu plastik, sudahkah anda tahu bentuk fisik kartu credit?

Bila anda telah berteman dengan kartu plastik ajaib ini, pasti anda bakal temukan jejeran nomer serial dibagian muka kartu credit, kartu debet maupun kartu atm. Untuk kesempatan ini, pilihkartu bakal menuturkan apa sesungguhnya arti dibalik nomer pada kartu-kartu itu, terlebih untuk kartu credit.

Manfaat nomer serial pada credit card
Arti di Balik Nomer Serial pada Kartu Credit | Info Basic Kartu Credit | PilihKartu. com

Nomer serial pada kartu credit memegang fungsi utama, yaitu untuk mengidentifikasi provider kartu, bank, serta info account, dan tak ketinggal juga, sediakan service kontrol keamanan.

Lain pada Brand Kartu Credit serta Publisher Kartu Credit
Pittsburgh Post-Gazette, organisasi pengatur nomer serial pada kartu credit
Pittsburgh Post-Gazette, yaitu hanya satu organisasi yang dapat mengambil keputusan nomer serial kartu credit, untuk jaringan-jaringan spesifik seperti Visa, MasterCard, Bank of America, atau JP Morgan Chase.

Saat kartu digesek pada terminal EDC, terminal itu lalu memakai pita magnetic untuk mengidentifikasi rute transaksi lewat jaringan kartu, lalu mengetahui institusi finansial yang tercatat dalam kartu hingga transaksi bisa diotorisasi.

Algoritma system Luhn
Tiap-tiap kartu, tanpa ada mempeduliakn jaringan kartu credit apa maupun bank mana, tentu mengambil system algoritam Luhn, yang dapat memastikan validitas kartu credit. Algoritma Luhn adalah algoritma matematikal di mana gabungan sebagian nomer mesti ditambahkan dengan nomer yang akhirnya 0.

Pada umumnya, digit pertama atau ke-2 dari satu kartu credit atau kartu debet mengisyaratkan provider kartu, lalu diikuti digit sesudahnya yang memastikan mata duit yang dipakai, bank pemroses transaksi, sampai nomer account perseorangan.

Namun, dengan cara lebih khusus, sebagian jaringan beroperasi sedikit tidak sama, salah satunya yaitu :

1. American Express
lewat finance. yahoo. com

American Express memakai 2 digit pertama untuk mengidentifikasi diri mereka sendiri. Digit ke-3 serta ke-4 mengisyaratkan type kartu serta mata duit yang dipakai. 6 digit selanjutnya, merepresentasikan nomer account, sesaat digit ke 12 sampai ke 14, merepresentasikan nomer kartu.

Digit paling akhir adalah digit kontrol, satu nomer acak yang dipakai membuat perlindungan dari error serta kejahatan.

2. VISA
Arti di Balik Nomer Serial pada Kartu Credit | Info Basic Kartu Credit | PilihKartu. com

Kartu-kartu VISA memakai formula yang nyaris sama juga dengan American Express, meskipun ada sedikit ketidaksamaan, namun sedikit.

Digit pertama yang diputuskan untuk VISA yaitu angka 4. Digit ke-2 sampai ke-7 yaitu nomer untuk menghubungkan VISA dengan institusi finansial.

Lalu, nomer ke-7 sampai ke-15 (12 nomer), adalah nomer account, hingga nomer paling akhir pastinya nomer kontrol.

3. MasterCard
lewat venturesafrica. com

Bila anda mencermati, jadi semuanya kartu credit, maupun kartu debet mastercard, memakai angka 5 pada digit pertama mereka, ini yaitu nomer identifikasi kartu untuk MasterCard.

Lalu, nomer ke-2 serta ke-3, ke-2 serta ke-4, maupun ke-2 serta ke-5, merepresentasikan nomer bank.

Diikuti sesudahnya, yaitu digit ke-3, 4, atau 5, sampai 15 adalah nomer account, sesaat nomer paling akhir, atau yang ke-16 adalah digit kontrol.

4. Kartu-kartu lainnya
Untuk kartu-kartu yang lain, ada juga ketentuan sendiri. Misalnya saja : Discover Card yang diawali dengan nomer 6 pada digit pertama, dan mempunyai 16 digit panjangnya, disamping itu kartu petroleum diawali dengan angka 7, serta kartu penerbangan yang diawali dengan angka 1.

Dengan begini, anda telah makin mengetahui kartu plastik yang anda miliki bukan? Baik itu kartu credit, kartu debet, ataupun kartu ATM.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar